Jumat, 29 Februari 2008

The Other Sides From Africa


Kuliah terakhir minggu ini berlangsung pada hari Kamis lalu. Mata kuliahnya Kapita Selekta Kawasan. Nah, dalam kuliah tersebut dosen saya menjelaskan tentang salah satu benua yang ada di muka bumi ini, yaitu Afrika.

Apa yang ada dalam pikiran kita ketika mendengar kata Afrika? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab penduduk berkulit hitam, AIDS, kelaparan, kemiskinan, dan serangkaian hal-hal yang 'buruk' lainnya.

But, Afrika sebenarnya tidak seburuk itu. Kalau boleh mengutip pernyataan Alex Thomson yang intinya : Afrika tidak lebik bodoh atau lebih tamak atau lebih malas dibandingkan dengan orang dari belahan dunia lain. Setiap hal di dunia ini memiliki dua sisi yang tak terpisahkan. Kelebihan dan kekurangan.

Mungkin sebagian dari kita akan bertanya tentang apa yang spesial dari Afrika. Jika kita mencoba menuliskan satu per satu hal yang spesial dari Afrika, saya yakin tulisan tersebut bisa memenuhi halaman blog ini. So, here the are :

1. Afrika merupakan pusat peradaban manusia yang tertua di dunia. Buktinya, ditemukan fosil bayi tertua di dunia di Ethiopia. Juga ada berbagai macam prasasti tua yang ditemukan di benua tersebut.
2. Afrika merupakan benua yang kaya akan berbagai macam barang tambang seperti berlian dan emas.
3.Afrika memiliki berbagai macam flora dan fauna yang eksotis, yang tidak bisa ditemukan di belahan bumi lain secara asli.
4.Penduduk Afrika cenderung bersifat heterogen dengan banyak kebudayaan dan keanekaragaman di sana.
5.Dengan kondisi alamnya yang berpadang pasir, Afrika memiliki pemandangan alam yang eksotis

Sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang spesial dari Afrika. Harapan saya, kita bisa melihat benua hitam tersebut dari sisi yang lain dan menemukan potensi lain dari tempat tersebut.

Tidak ada komentar: